"Visi bisa jadi adalah kekuatan terbesar kita. Ia selalu membangkitkan daya dan kesinambungan hidup; Ia membuat kita memandang masa depan dan memberi kerangka tentang apa yang belum kita ketahui." Li Ka Shing, Miliuner Hong Kong

Pertemuan Mitra Caritas Germany

Caritas Germany

Salah satu program Caritas Germany (Foto: Istimewa)

Caritas Germany Indonesia mengadakan “Pertemuan Mitra” yang dilaksanakan di Kupang, Nusa Teggara Timur pada tanggal 21-25 Agustus 2017. Pertemuan ini diikuti oleh semua mitra Caritas Germany di Indonesia dalam program kebencanaan, rehabilitasi berbasis masyarakat, HIV/AIDS dan penyalahgunaan narkotika. Dalam pertemuan ini disampaikan tentang berbagai capaian yang telah dihasilkan, termasuk di dalamnya tantangan, hambatan dan keberhasilan program.

Pertemuan Mitra dilaksanakan dengan metode sharing yakni berbagi pengalaman melalui presentasi dari semua mitra Caritas Germany di Indonesia. Pertemuan ini bertujuan untuk mengidentifikasi program yang akan diakukan pada masa mendatang dengan dukungan dari pemerintah. Selain itu, dikenalkan strategi tentang Pengadaan UnitLayanan Disabilitas di tingkat daerah oleh BPBD Kabupaten Klaten, dan Penggunaan Aplikasi GPS melalui telpon genggam oleh Akademi Sinau Bareng, Malang.

Untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan strategi yang diterapkan mitra Caritas Germany, diakukan diskusi yang terbagi dalam 3 kelompok, yaitu kelompok pengurangan resiko bencana, kelompok rehabilitasi bersumber daya masyarakat, dan kelompok kesehatan. Pada hari terakhir pertemuan, dilakukan kunjungan ke salah satu daerah dampingan salah satu mitra Caritas Germany yaitu Desa Oebelo, Kecamatan Amanuban Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS). Desa ini merupakan daerah dengan acaman bencana kekeringan yang mendapat pendampingan dari mitra Caritas Germany. (Yohanes Teguh Bayu)

menerima kasih dan memberi kasih itu perkara yang satu-tunggal; tanpa ada yang menerima, orang juga tidak bisa memberi; maka menerima kasih sekaligus juga memberi kasih karena memungkinkan orang lain memberi kasih #RomoMangun "Burung-burung Manyar"

© 2010 karinakas.or.id. | +62 274 552126 | karinakas.office@gmail.com