Kegiatan Tanggap Bencana KARINAKAS di Awal Tahun 2019

Tanggap Darurat

 

Sebagai Lembaga Kemanusiaan Keuskupan Agung Semarang yang menangani kebencanaan, di awal tahun 2019 ini, KARINAKAS melakukan kegiatan Tanggap Bencana di beberapa tempat, yakni bencana banjir Sulawesi Selatan, banjir Pati, tsunami di Banten dan Lampung Selatan. Dalam kegiatan Tanggap Bencana itu, KARINAKAS bekerjasama dengan mitra KARINAKAS yang ada di tempat yang bersangkutan. Pada prinsipnya, KARINAKAS siap mengirimkan relawan dan bantuan lainnya apabila diperlukan.

Pada bencana banjir di Sulawesi Selatan, KARINAKAS berkoordinasi dan bekerjasama dengan Karitas Makassar. Pada banjir di Pati, KARINAKAS berkoordinasi dan bekerjasama dengan relawan atau tim Tanggap Bencana Paroki Pati. Pada bencana tsunami Banten dan Lampung Selatan, KARINAKAS berkoordinasi dan bekerjasama dengan Karitas Tanjungkarang.

KARINAKAS sampai sekarang juga masih menjalankan program pemulihan pasca bencana di Lombok dan di Sulawesi Tengah. Pada bencana gempa bumi Lombok, KARINAKAS berkoordinasi dan bekerjasama dengan Karitas PSE Denpasar. Program pemulihan ini dikoordinatori oleh KARINA KWI dan didukung juga oleh Karitas Surabaya, Karitas Bogor dan LDD Jakarta. Program berfokus pada hunian, jaringan air bersih, dan suplai sembako setiap bulan. Program dilaksanakan selama 6 bulan, dimulai bulan November 2018. Hal serupa juga terjadi pada bencana gempa dan tsunami Sulawesi Tengah. KARINAKAS berkoordinasi dan bekerjasama dengan Karitas PSE Manado, didukung oleh beberapa KARITAS Regio Jawa (Karitas Surabaya, Bandung, Bogor). Program berfokus pada pembangunan hunian sementara, jaringan air bersih, dan perbaikan rumah umat yang rusak. (Rm. Toms)

© 2010 karinakas.or.id. | +62 274 552126 | karinakas.office@gmail.com