SOSIALISASI BIOGAS DI DESA WATUGAJAH

UAD biogas

“Hampir setiap rumah tangga di desa Watugajah, kecamatan Gedangsari, kabupaten Gunung Kidul, memiliki ternak, entah itu milik sendiri ataupun gaduh. Namun sayangnya, sampai sekarang belum ada yang bisa memanfaatkan kotoran ternak secara optimal”, demikian disampaikan Taufan, mahasiswa KKN dari Universitas Ahmad Dahlan (UAD).

Taufan dan kawan-kawan mahasiswa dari UAD yang sedang KKN di desa tersebut, memfasilitasi warga desa Sampang untuk belajar biogas. Narasumber pembelajaran biogas tersebut adalah Yayasan KARINAKAS. Taufan menyebutkan bahwa ia dan teman-temannya pernah mendengar bahwa kotoran ternak bisa dibikin biogas, tapi mereka tidak tahu bagaimana caranya, dan tidak tahu juga siapa yang harus dihubungi, padahal warga ingin dilatih tentang biogas.

Akhirnya, pada Rabu, 19 Februari 2020, diadakan sosialisasi tentang pemanfaatan kotoran ternak menjadi biogas, dengan pendampingan dari KARINAKAS, yang diikuti oleh beberapa warga desa Sampang. Pendampingan mahasiwa KKN UAD tentang biogas tersebut, hanya sampai pada tahap sosialisasi, maka KARINAKAS akan melanjutkan pendampingan bagi para warga, sampai mereka bisa memiliki biogas. (Sr. M. Huberta FSGM)

 

© 2010 karinakas.or.id. | +62 274 552126 | karinakas.office@gmail.com