Sudah sejak pertengahan Maret 2020 sampai akhir Oktober 2020, KARINAKAS berupaya melaksanakan emergency response pandemi Covid-19. Sejauh ini sudah banyak lembaga atau pihak-pihak terdampak Covid-19 yang telah dibantu.

total

Mengingat keterbatasan banyak hal, maka KARINAKAS menutup kegiatan emergency response pada akhir bulan Oktober 2020. KARINAKAS akan fokus pada program pemulihan yang sudah dirancang bersama dengan KARINA KWI. Program pemulihan ini dilaksanakan pada awal bulan November 2020 sampai akhir bulan Agustus 2021. Bentuk Program pemulihan ini adalah berupa ketahanan pangan untuk lima kelompok tani di Kabupaten Boyolali, Kabupaten Bantul dan Kabupaten Gunungkidul.

Gambar

Semoga program ketahanan pangan ini mampu memberikan semangat dan membantu mengurangi beban kesulitan para warga terdampak bencana Covid-19. Sedangkan permohonan bantuan emergency respon Covid-19 tetap akan dilayani sejauh masih ada barang yang tersedia di KARINAKAS.

 

distr air

Dampak kekeringan tahun 2020 ini sudah mulai dirasakan di beberapa desa di kabupaten Gunung Kidul, DIY. Sumur sudah mulai kering sehingga para warga mulai mengalami kesulitan mencukupi kebutuhan air bersih sehari-hari. KARINAKAS bekerjasama dengan Tim Respon Bencana (TRB) Rayon Gunung Kidul, melakukan respon bencana kekeringan ini dengan melakukan dropping air. Dropping air dilaksanakan di beberapa desa di Kabupaten Gunungkidul antara lain Desa Karangasem, Kecamatan Paliyan sejumlah 25 tangki, dan Desa Girikerto, Kecamatan Panggang sebanyak 47 tangki.

karangarem

Di Desa Karangasem, selain melakukan dropping air bersih, KARINAKAS juga menyerahkan bantuan dalam rangka respon bencana Covid-19 di kantor Desa Karangasem. Bantuan tersebut berupa APD, sembako dan multivitamin. Bantuan diterima oleh Perangkat Desa Karangasem dan akan didistribusikan kepada para warga Desa Karangasem yang KLMTD. Salam Belarasa.

 

Waria

Pandemi Covid yang masih berlangsung menyebabkan roda ekonomi belum berputar sebagaimana mestinya. Akibatnya banyak orang yang masih mengalami kesulitan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, khususnya mereka yang kecil, lemah, miskin dan tersingkir. Salah satunya adalah para waria dan gelandangan yang tergabung dalam Organisasi Persatuan Komunitas Eben-Ezer yang berjumlah 72 jiwa. KARINAKAS memberikan bantuan berupa beras, gula pasir, sabun mandi, masker non medis, dan mie instant bagi  mereka (12/10/2020).

Worosemedi

Selain membantu para waria dan gelandangan, KARINAKAS juga membantu para lansia yang tergabung dalam paguyuban ibu-ibu worosemedi Paroki Mlati sejumlah 85 paket sembako (15/10/2020). Bantuan didistribusikan kepada para ibu-ibu worosemedi dari keluarga kurang mampu di Paroki Mlati dan sekitarnya. Semoga bantuan tersebut meringankan beban kesulitan mereka yang kecil, lemah, miskin dan tersingkir tersebut. Salam belarasa.

 

© 2010 karinakas.or.id. | +62 274 552126 | karinakas.office@gmail.com