Bencana banjir yang melanda area Kevikepan Semarang hari Sabtu dan Minggu lalu (6-7 Februari 2021) kini sudah mulai surut, namun di beberapa tempat masih meninggalkan genangan air misalnya di area Pantura Terboyo. Bencana banjir telah melanda setidaknya di 9 (sembilan) paroki di Kevikepan Semarang, yakni Paroki Semarang Indah, Paroki Gedangan, Paroki Lampersari, Paroki Weleri, Paroki Kendal, Paroki Kudus, Paroki Pati, Paroki Adm Juwana, dan Paroki Purwodadi.

koord

Kunjungan & koordinasi dengan TRB PSE Kev. Semarang

Dalam rangka menanggapi kejadian bencana tersebut, KARINAKAS berkoordinasi dengan para Relawan (TRB) PSE Kevikepan Semarang. KARINAKAS telah mengadakan kunjungan dan koordinasi dengan pengurus dari TRB PSE Kev. Semarang (9/2/2021), yang mana beberapa dari mereka adalah juga TRB KARINAKAS. Dalam kunjungan  dan koordinasi itu, KARINAKAS sekaligus membawa bantuan yakni gula pasir, sabun mandi batang, masker (3 ply dan KN 95), handsanitizer, sabun antiseptik dan bantuan berupa dana tunai (cash).

Serah teima

Distribusi bantuan beras di Gempolsewu, Kendal

Setelah mengadakan pertemuan tersebut, TRB PSE Kev. Semarang langsung mendistribusikan bantuan ke paroki-paroki terdampak, khususnya paroki yang amat mendesak butuh bantuan yakni Paroki Adm Juawana, Paroki Pati, Paroki Purwodadi, Paroki Semarang Indah, Paroki Weleri, Paroki Gedangan, dan Paroki Lampersari. KARINAKAS telah mendistribusikan bantuan melalui TRB PSE Kev. Semarang dan TRB Paroki-paroki kepada warga dan umat terdampak bencana di beberapa paroki, yakni berupa paket sembako  senilai Rp.25.000.000,- dan APD yakni masker, sabun mandi, sabun cuci tangan dan handsanitizer. Salam belarasa.

Kalsel

Relawan CARITAS BANJARMASIN distribusi sembako

Awal tahun 2021 ini banyak bencana terjadi, termasuk bencana gempa bumi Sulawesi Barat dan banjir bandang Kalimantan Selatan. Sampai saat ini, Gereja terus berupaya untuk menghadirkan diri dan membantu mereka yang terdampak bencana. Kehadiran dan keterlibatan Gereja Katolik untuk bencana gempa Sulawesi Barat diwakili oleh Caritas Keuskupan Makassar. Sampai saat ini, Caritas Makassar telah mendistribusikan bantuan 1.340 paket sembako di 16 desa, di lima kecamatan (Mamuju, Simboro, Kalukku, Tubosendana, Arelle).

Camar

Relawan CARITAS MAKASSAR distribusi sembako

Sedangkan kehadiran dan keterlibatan Gereja Katolik untuk bencana banjir Kalimantan Barat diwakili oleh Caritas Keuskupan Banjarmasin. Sampai saat ini Caritas Banjarmasin telah mendistribusikan 736 paket sembako, 3.680 kg beras, 780 butir telur, 28 dus air meniral, 3.078 bantuan nonfood (obat-obatan, popok, pembalut, tikar, selimut). Bantuan tersebut didistribusikan ke 42 wilayah terdampak.

Caribanjar

Distribusi nonfood item

KARINAKAS yang tergabung dalam keluarga CARITAS INDONESIA, yang dikoordinir oleh KARINA KWI ikut mendukung Caritas Makassar dan Caritas Banjarmasin, yakni dengan memberikan dukungan dalam bentuk dana, bekerjasama dengan Caritas Regio Jawa. Semoga para terdampak bencana dikuatkan dan dipulihkan kondisinya, dan bisa berkarya kembali seperti sediakala. Salam belarasa.

 

Setelah Gunung Merapi mengeluarkan lelehan lava pijar pada hari Selasa, 5 januari 2021, banyak warga sekitar lereng Merapi yang kemudian dievakuasi. Terkait hal tersebut, KARINAKAS kemudian juga mengadakan kunjungan dan koordinasi dengan para Relawan Lingkar Merapi untuk berembug banyak hal, antara lain tentang perkiraan data umat dan warga terdampak, rencana aksim dan sejauh mana kesiapan paroki.

Kunj dan disk

Kunjungan dan diskusi di Paroki Sumber

Kunjungan dan koordinasi kali ini (12/1/2021) dilaksanakan di 3 tempat yakni di Paroki Sumber, Paroki Banyutemumpang dan Stasi Ngawen Paroki Muntilan. Dalam kunjungan tersebut, ada kesempatan untuk sharing dan belajar bersama secara singkat, mengenai hal apa saja yang sudah dilaksanakan selama respon bencana merapi tahun 2010. 

TEA

Rencana tempat evakuasi di bekas SD Kanisius Ngawen

KARINAKAS juga menyerahkan bantuan APD yakni coverall, sabun cuci tangan, masker dan thermogun, terkhusus untuk para relawan. APD tersebut akan digunakan untuk "berjaga-jaga" kalau sewaktu-waktu terjadi bencana Merapi. Semoga Gunung Merapi masih aman dan terkendali. Salam belarasa.

Bytemp

Penyerahan APD untuk Relawan Paroki Banyutemumpang

 

© 2010 karinakas.or.id. | +62 274 552126 | karinakas.office@gmail.com