Tanggap Bencana Angin Kencang Magelang

bencana angin kencang

Pada  hari Minggu, 20 Oktober 2019, dan Senin, 21 Oktober 2019, telah terjadi hujan disertai angin kencang yang melanda beberapa desa di tujuh kecamatan di Kabupaten Magelang. Kecamatan terdampak adalah Kecamatan Pakis, Sawangan, Ngablak, Tegalrejo, Srumbung, Kajoran, dan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Hujan disertai angin kencang tersebut telah menimbulkan kerusakan rumah, baik rusak sedang maupun berat. Bencana tersebut juga menyebabkan pohon-pohon tumbang sehingga menimpa rumah dan menutup akses jalan. Selain mengakibatkan kerusakan rumah dan pohon tumbang, bencana juga menyebabkan lahan pertanian porak poranda. Pada hari minggu dan senin (20-21/10/2019), para warga juga terpaksa meninggalkan rumah mereka dan mengungsi di kantor desa, puskesmas, masjid ataupun di rumah warga di desa yang lain.

Kecamatan Pakis adalah kecamatan terdampak paling parah. Sedangkan Dusun Gerdu, Desa Pogalan adalah salah satu dusun yang terdampak paling parah di Kecamatan Pakis. Banyak rumah warga yang atap dan gentingnya mengalami rusak parah, di antaranya adalah Ibu Rumi(59 th)dan Ibu Sarmi(69 th). Mereka adalah janda yang bekerja sebagai petani, dengan penghasilan pas-pasan.

serah terima bantuan angin kecang

Dalam kegiatan tanggap bencana ini, KARINAKAS memberikan bantuan untuk perbaikan atap rumah untuk Ibu Rumi dan Ibu Sarmi tersebut. Semoga bantuan ini dapat membantu meringankan beban penderitaan mereka dan dapat mewujudkan sikap belarasa dan wajah sosial Gereja Katolik bagi para warga terdampak angin kencang di Kecamatan Pakis, Magelang, serta mewujudkan keberpihakan Gereja pada KLMTD (Rm Tomo).

 

© 2010 karinakas.or.id. | +62 274 552126 | karinakas.office@gmail.com