TRB1

Pertemuan Koordinator Lapangan (Korlap)/Ketua Tim Relawan Bencana (TRB) pada tanggal 16 Desember 2023 lalu, dengan tema "Bergerak Bersama," menjadi momentum penting dalam mengembangkan kolaborasi yang optimal di antara relawan KARINAKAS. Salah satu hal utama yang muncul dari pertemuan ini adalah pengenalan peran penting Relawan Lintas Paroki dan Lintas Keuskupan. Melalui sharing pengalaman dari 5 Relawan Lintas Keuskupan, terungkap bahwa koordinasi, mekanisme kerja, dan standar operasional tanggap darurat yang efektif adalah kunci keberhasilan.

Partisipasi aktif dari peserta, yang mewakili berbagai Paroki dan TRB, juga memberikan kontribusi besar dalam merancang Rencana Kerja KARINAKAS 2024. Masukan berharga dari berbagai sudut pandang memperkuat fokus pada penguatan kapasitas relawan teknis, umum, dan kemampuan berjejaring. Pertemuan ini juga menandai langkah strategis dalam pengembangan relawan lintas paroki melalui mekanisme TRB Klaster. Rencana Tindak Lanjut (RTL) yang telah tersusun memberikan arah yang jelas untuk gerakan bersama dalam kerangka Renstra KARINAKAS 2024-2026.

“Bergerak Bersama yang menjadi tema pertemuan kali ini sangatlah tepat, sehingga melahirkan semangat kolaboratif yang optimal,” kata Wahyu Wijaya, salah satu relawan KARINAKAS.

“Hal ini tercermin pada peran penting para peserta dalam penyusunan Rencana Kerja KARINAKAS 2024, melalui masukan-masukan yang relevan dengan kondisi di wilayah masing-masing, tanpa menghilangkan azas koordinasi dan kerjasama lintas paroki/TRB,” tambah Wahyu.

TRB2

Rencana Tindak Lanjut yang disusun selanjutnya juga mengedepankan 'gerakan bersama' yang bermuara pada peningkatan kapasitas di dalam jaringan. Selain itu, rencana tindak lanjut yang terstruktur dengan jelas menetapkan kebutuhan kehadiran KARINAKAS di berbagai kegiatan, termasuk pembekalan relawan, peningkatan kapasitas, pembentukan TRB Paroki, dan kegiatan lainnya yang dijadwalkan pada berbagai waktu dan lokasi.

“Masukan dan kesepakatan peserta dalam menggunakan mekanisme koordinasi klaster membuka ruang untuk memenuhi ketersediaan relawan lintas paroki di Keuskukan Agung Semarang dan relawan lintas keuskupan dalam koordinasi dengan Caritas Indonesia,” Romo Bernardus Himawan, Direktur Yayasan KARINAKAS menuturkan.

Jadwal pengiriman data relawan yang telah dirinci untuk beberapa lokasi Paroki dan TRB, mulai dari Desember 2023 hingga Februari 2024, menandai komitmen untuk menjaga aliran informasi yang lancar. Kesediaan beberapa Paroki dan TRB untuk menjadi tuan rumah pertemuan Korlap/Ketua TRB pada berbagai waktu menambah dimensi kolaboratif yang tinggi dalam inisiatif ini.

Pertemuan ini membuka jalan menuju optimalisasi kolaborasi antar relawan KARINAKAS dalam konteks tahun 2024. Dengan kerjasama yang semakin kokoh, para relawan bersama-sama merespons kebutuhan tanggap darurat dengan efisien dan efektif.Pertemuan koordinasi selanjutnya dijadwalkan pada bulan Februari Minggu I, di Paroki Wonosari yang rencananya difokuskan pada simulasi rencana kontijensi dengan tema yang relevan.

TTD MOU oleh Gkr rez

YOGYAKARTA - KARINAKAS  Pada hari Senin, 04 Desember 2023, dilaksanakan penandatanganan MoU program lansia antara Yayasan KARINAKAS, yang diwakili oleh dilakukan oleh Direktur Yayasan KARINAKAS. Rm. Bernardus Himawan, Pr. dengan Ketua Umum KOMDA Lansia, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas. Penandatanganan MoU yang bertempat di Keraton Kilen, Yogyakarta tersebut dimaksudkan untuk membangun Kerjasama antara Yayasan KARINAKAS dan KOMDA Lansia dalam pelaksanaan kerjasama program meningkatkan partisipasi lansia dalam masyarakat dan meningkatkan akses pelayanan kesehatan dan sosial.

Setelah penandatanganan MOU tersebut, pada hari Selasa, 12 Desember 2023, bertempat di Hotel Porta, Yogyakarta, dilakukan penandatanganan MoU antara Yayasan KARINAKAS dengan STIKes Panti Rapih, dan Kelurahan Karangasem. Kerjasama yang dijalin dengan beberapa pihak ini untuk memperkuat pelayanan kelanjutusiaan yang dilakukan Yayasan KARINAKAS di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). 

20231212 095031res

Rm. Bernardus Himawan, Pr. (kedua dari kiri) bersama para narasumber 

Di hari yang sama, kegiatan dilanjutkan dengan seminar lansia yang menghadirkan tiga narasumber. Narasumber pertama, Rustiadi, dari Komda Lansia DIY dengan tema “Tantangan dan Respons di Aras Lokal”, Narasumber kedua, Agnes Mahayanti dari STIKes Panti Rapih yang mengangkat tema “Peran STIKes Panti Rapih Demi Terwujudnya Lansia Sejahtera”, dan Narasumber ketiga adalah Sigit Purnomo, Lurah Kelurahan Karangasem, yang menyampaikan kegiatan-kegiatan terkait Program Lansia.

“Tujuan dari seminar ini adalah untuk meningkatkan pemahaman lembaga-lembaga terkait tentang lansia dan memperkuat kolaborasi untuk peningkatan kesejahteraan lansia di DIY,” kata Pramono M., Program Manager Program Lansia KARINAKAS.

Seminar

Suasana Seminar Lansia yang dilaksanakan di Hotel Porta, Yogyakarta

Hal ini didasarkan pada kepedulian bahwa hak-hak lansia sejauh ini belum sepenuhnya didapatkan terutama pelibatan mereka dalam pengambilan kebijakan serta mendapatkan perlindungan dari kekerasan.

“Peran dari berbagai stakeholders dan kita semua untuk memberikan perhatian secara khusus kepada para Lansia sangatlah diperlukan agar mereka benar-benar mendapatkan apa yang dibutuhkan,” demikian  Rm. Bernardus Himawan, Pr. menyampaikan.

SE1

Pada hari Rabu 16 Agustus 2023 telah terlaksana Serah Terima Pelayanan (Sertipel) Direktur Yayasan KARINAKAS, bertempat di Gedung Belarasa Kantor KARINAKAS. Serah terima pelayanan dihadiri oleh Organ Yayasan KARINAKAS; Pembina Yayasan (diwakili oleh Romo A. Banu Kurnianto Pr,) Pengawas Yayasan (Romo Albertus Nugroho Widiyono SJ), Ketua Pengurus Yayasan (Romo Yohanes Krismanto Pr), Romo Bernardus Himawan Pr (Direktur baru), Romo Martinus Sutomo Pr (Direktur lama), para staf Yayasan KARINAKAS, dan mitra serta para tamu undangan yakni Romo Yohanes Dwi Harsanto Pr (Vikep Kategorial KAS), Romo Adrianus Maradiyo Pr (Vikep Yogyakarta Timur), Romo F. Pieter Dolle SJ (Ketua SPM Realino), Romo Martinus Dam Febriyanto SJ (Direktur JRS), Bapak Cipto Priyo Leksono (Direktur Caritas Germany), perwakilan para relawan atau TRB Paroki (Paroki Pati, Dirjodipuran, Sukorejo, Kevikepan Yogya Barat atau KYBAR, Rayon Gunungkidul, Lingkar Merapi), dan para relawan undangan. 

SE2

Tanda tangan Berita Acara Sertipel

SE3

Serah terima pelayanan

Acara Sertipel diawali sambutan dari Pengurus Yayasan, kemudian sambutan dan sekaligus serah terima pelayanan dari Direktur lama (Rm Martinus Sutomo Pr) kepada Direktur baru (Romo Bernardus Himawan Pr). Sambutan juga diberikan oleh Pengawas Yayasan, dan Pembina Yayasan. Setelah acara Sertipel, dilanjutkan dengan ramah tamah bersama. Selamat berkarya untuk Romo Bernardus Himawan Pr, sebagai Direktur baru Yayasan KARINAKAS. Salam belarasa.

SE5

Romo Bernardus Himawan bersama TRB Dirjodipuran

 

HUT1

Tepat pada tanggal 12 Juni 2023, Yayasan KARINAKAS berusia tujuh belas tahun. Perayaan ulang tahun kali ini dikemas dalam suasana yang berbeda, yakni Rekreasi Bersama para Staf dan Pengurus di Pantai Kukup dan Pantai Krakal (12-13/6/2023). Rekreasi ini adalah sebagai bentuk rasa sukacita dan syukur atas penyertaan Tuhan terhadap Yayasan KARINAKAS, dan sekaligus sebagai healling setelah berjerih payah melaksanakan program-program Yayasan.

HUT2

HUT3

HUT4

Rasa syukur juga diungkapkan dalam Perayaan Ekaristi yang dirayakan di Drini Hills (13/6/2023) yang dipimpin oleh Romo Yohanes Krismanto Pr (Ketua Pengurus Yayasan KARINAKAS), dan Romo Martinus Sutomo Pr (Direktur Yayasan KARINAKAS) diikuti oleh para Staf Yayasan KARINAKAS. Dalam homilinya, Romo Yohanes Krismanto mengingatkan kembali tentang visi misi KARINAKAS yang hadir untuk menjadi garam dan terang dunia, yakni membawa kebahagiaan bagi masyarakat yang dilayani, dan juga diingatkan agar para staf pun tidak lupa bahagia dalam tugas dan pelayanan.

HUT5

Semoga KARINAKAS diberikan usia yang panjang, dan para staf juga diberikan kesehatan serta sukacita dalam pelayanan, sehingga KARINAKAS dapat terus menjadi berkat bagi semakin banyak orang dan alam semesta, serta menjadi sarana bagi kehadiran Gereja yang berbelarasa. Salam belarasa.

 

Enam belas tahun yang lalu, KARINAKAS lahir, tepatnya tanggal 12 Juni 2006. KARINAKAS lahir sebagai tanggapan Gereja KAS atas bencana gempa bumi yang melanda Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta. KARINAKAS diberi mandat menjadi perpanjangan tangan Gereja, yakni untuk hadir menyapa dan membantu para warga terdampak gempa tersebut. Tidak terasa sudah 16 tahun KARINAKAS berkarya. Hari Sabtu, 11 Juni 2022, Yayasan KARINAKAS merayakan HUT yang ke-16. 

HUT1

Pemotongan tumpeng oleh Rm. Y. Krismanto, Pr

HUT2

Serah terima kue HUT

Perayaan HUT yang ke-16 diwujudkan dalam Misa Syukur dan Sarasehan Relawan, yang dilaksanakan di halaman KARINAKAS (depan Gedung Belarasa). Perayaan Ekaristi Syukur dipimpin oleh Rm. Yohanes Krismanto, Pr (Ketua Pengurus Yayasan KARINAKAS), didampingi oleh Romo Ant. Banu Kurnianto, Pr (Pembina Yayasan KARINAKAS), Rm. Martinus Sutomo, Pr (Direktur Yayasan KARINAKAS) dan Romo R. Sapto Nugroho, Pr (Pastor Paroki St. Yohanes Rasul Pringwulung). Dalam homilinya, Rm. Martinus Sutomo, Pr menegaskan bahwa perayaan ulang tahun dapat menjadi sarana untuk bersyukur, sekaligus instropeksi agar KARINAKAS semakin dapat pembawa menjadi kabar gembira bagi mereka yang membutuhkan.

HUT3

Perayaan Ekaristi Syukur

HUT4

Homili

Setelah Perayaan Ekaristi Syukur selesai, acara HUT dilanjutkan dengan sarasehan relawan, dengan tema "Spritualitas Relawan Gereja", dan "Peran Relawan Gereja dalam Membangun Paroki Tangguh Bencana". Pemateri atau pembicara dalam sarasehan adalah Romo Ant. Banu Kurnianto, Pr, dan Romo Yohanes Krismanto, Pr. Moderator dibawakan oleh Julianto yang pernah aktif di TAGANA Kota Yogyakarta, dan sekaligus staf Program KARINAKAS.

HUT5

Pemaparan dari Rm. Ant. Banu K., Pr

HUT6

Pemaparan dari Rm. Y. Krismanto, Pr

Perayaan HUT ini dihadiri oleh mitra KARINAKAS (Caritas Germany, JRS, TAGAR), dan perwakilan Relawan-relawan Paroki se-kAS yakni Relawan 11 Paroki Lingkar Merapi, Relawan KYBAR, Relawan Resi Selatan, Relawan Kevikepan Surakarta, Relawan Paroki Rayon Gunungkidul, Relawan Paroki Pati, dan Relawan Paroki Sukorejo. Semoga melalui perayaan HUT ini, Yayasan KARINAKAS semakin dapat menjadi pembawa berkat atau kabar baik, dan sarana mewartakan belas kasih Allah bagi yang membutuhkan, dan semoga dapat semakin mengakrabkan dan menyemangati para relawan paroki. Salam belarasa.

HUT7

 

Hari Jumat (12/6/2020), keluarga besar Yayasan KARINAKAS merayakan ulang tahun ke-14. Ulang tahun KARINAKAS di tengah pandemi virus Corona-19 dirayakan secara sederhana, yakni dengan perayaan Ekaristi syukur dan ramah tamah. Perayaan ul-tah ini hanya diikuti oleh staf KARINAKAS, bertempat di kantor KARINAKAS.

Ultah

Misa Syukur Ultah ke-14

Usia ke-14 adalah usia remaja, yang salah satu karakternya adalah kreatif, maka melalui perayaan ulang tahun ini, harapannya KARINAKAS semakin kreatif dalam melaksanakan program pendampingan di tengah umat dan masyarakat. Semoga KARINAKAS dikaruniai usia yang panjang dalam pelayanan sosial kemanusiaan, dan semakin bisa menjadi wajah sosial Gereja Katolik. Salam Belarasa.

 

 

Direktur caritas Ind

Sebanyak 35 keuskupan di Indonesia mengirimkan utusannya pada pertemuan jaringan Caritas Indonesia 2019, bertempat di Wisma Canossa, Tangerang. Pertemuan yang dihadiri sebanyak 85 peserta dari Caritas/Caritas PSE Keuskupan se-Indonesia ini, dilaksanakan selama 3 hari (28-30/10/2019). Tema besar pada pertemuan ini adalah pertemuan tahunan dan penguatan jaringan keluarga Caritas Indonesia, menegaskan sistem koordinasi Caritas Indonesia terhadap Caritas-Caritas Keuskupan dan antar Caritas Keuskupan.

Dalam kesempatan itu, KARINAKAS diberi kesempatan untuk mensharingkan pengalaman dalam kegiatan sosial kemanusiaan, salah satunya adalah program pembangunan 102 unit huntara di salah satu kompleks pengungsian di SulTeng. Pada intinya, karya KARINAKAS tersebut adalah karya kemanusiaan keluarga Caritas Indonesia dalam rangka menghadirkan belas kasih Allah pada mereka yang menderita, dan menghadirkan wajah sosial Gereja Katolik di tengah masyarakat.

Dalam pertemuan itu, para peserta juga mendengarkan sharing dari mitra Caritas misalnya HFI (Humanitarian Forum Indonesia: forum lembaga kemanusiaan Indonesia berbasis iman), JRS (Jesuit Refugee Service), Binus, PSE KWI, SGPP (perlindungan anak dan perempuan) dan lain-lain. Mereka mensharingkan pengalaman pelayanan sosial kemanusiaan dan kerjasamanya dengan Caritas Indonesia. (Rm Tomo)

 

hari studi unio1

Pada tanggal 22 sd 24 Oktober 2019, para Romo Keuskupan Agung Semarang mengadakan Hari Studi UNIO, yang dilaksanakan di Wisma Syaloom Bandungan, dihadiri oleh sekitar 40 Romo. Hari studi kali ini mengambil tema “Gereja KAS Srawung yang berkesinambungan”. Pada kesempatan itu KARINAKAS mengisi sesi yang ketiga, yang diisi dengan srawung KARINAKAS kepada banyak pihak (masyarakat, pemerintah, suasta, umat, dan berbagai pihak)

KARINAKAS mensharingkan pengalaman srawung pada banyak pihak melalui semua kegiatan atau program-program yang dilaksanakan KARINAKAS, yakni srawung dalam kegiatan tanggap becana (oleh Romo Martinus Sutomo), kegiatan pengurangan resiko bencana (Suster Huberta) dan inklusi sosial (Bapak Pramono Murdoko). KARINAKAS yang mewakili kehadiran Gereja KAS melakukan srawung pada banyak pihak.

hari studi unio2

Srawung tersebut bertujuan untuk saling mengenal dan berjumpa dengan banyak pihak, untuk menghadirkan wajah sosial Gereja Katolik di tengah masyarakat, dan bekerjasama dengan banyak pihak mewujudkan kesejahteraan dan peradaban kasih. Kegiatan srawung ini selaras dengan anjuran Bapa Paus Fransiskus bahwa Gereja harus keluar menjumpai sesama dan masyarakat di sekitarnya (Evangelii Gaudium 46). (Rm. Tomo)

 

© 2010 karinakas.or.id. | +62 274 552126 | karinakas.office@gmail.com