Kondisi Gunung Merapi Setelah Erupsi dari Paroki St. Maria Lourdes, Sumber, Kec. Dukun, Kab. Magelan

Kondisi Gunung Merapi dari informasi yang didapat 26 Oktober 2010 dari Program DRR-ER Karina KAS yang diterima dari Posko Sumber, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang sekitar pukul 18.08 WIB adalah hujan abu yang disusul dengan suara gemuruh dari Merapi. Ketika abu mulai berbentuk gumpalan tebal turun, warga berkumpul di titik – titik pertemuan seperti Balai Desa Sumber dan SMP Kanisius Sumber.  Warga di Kawasan Rawan Bencana (KRB) III yaitu Ngargomulyo dan Krinjing telah dievakuasi terlebih dulu mereka yang memiliki kendaraan pribadi melakukan evakuasi mandiri menuju tempat penampungan sementara.

 

Kemudian sekitar pukul 19.30 WIB (26/10) warga di wilayah KRB II (sekitar Sumber) warga ditampung di lapangan Banyubiru. Informasi sementara yang didapat bahwa belum tersedia tenda di lapangan Desa Banyubiru (Garonan), Kecamatan Dukun. Dari informasi yang didapat bahwa belum ada korban jiwa dari wilayah Paroko Sumber sampai saat ini.

 

Rencana hari ini (27/10) tim Posko Paroki Sumber akan memantau kondisi di lapangan (KRB III) dan kondisi warga di barak. Saat ini respon yang akan dilakukan adalah mengidentifikasi kebutuhan untuk para warga yang mengungsi sehingga siap dicarikan bantuan segera.

 

 

 

© 2010 karinakas.or.id. | +62 274 552126 | karinakas.office@gmail.com