Pelatihan dasar PRBOM

Program pendampingan Pengurangan Risiko Bencana Oleh Masyarakat (PRBOM) akan mendampingi wilayah baru di Kulonprogo, Klaten dan Gunung Kidul, setelah selesai mendampingi wilayah sebelumnya di Sragen, Bantul dan Magelang. Program tersebut dimulai dengan pelatihan dasar PRBOM pada 24-27 Mei 2011 bertempat di Pusat Pelatihan “Disaster Oasis” Pakem, Sleman.

Peserta yang hadir adalah 30 orang yang terdiri dari wakil komunitas di Desa Pacing, Klaten, Desa Serut, Gunungkidul, Desa Sidoharjo, Kulonprogo, Paroki Boro, Paroki Promasan, Paroki Wedi, dan Paroki Boyolali. Mereka nantinya yang akan menjadi pegiat PRBOM di wilayah masing-masing. Hadir pula fasilitator lokal Paroki Sragen  dan Paguyuban Jaga Bebaya Bantul dalam pelatihan ini yang sudah pernah diberi pelatihan ini sebelumnya pendampingan PRBOM di wilayah mereka bersama dengan KARINAKAS.


Di awal pertemuan, peserta diajak untuk melihat berbagai alat pendidikan kebencanaan yang bisa digunakan untuk lebih memahami tentang model – model kegiatan pengurangan risiko bencana di Indonesia.  

Pertemuan ini dihadiri oleh perwakilan paroki dan calon fasilitator lokal yang akan bergiat dalam PRBOM. Pelatihan menggunakan metode diskusi, dan tanya jawab interaktif diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman para peserta tentang konsep dasar bencana. Peserta juga diajak secara aktif untuk berdiskusi dan menambah pengetahuan mengenai factor dasar ancaman, kapasitas dan kerentanan pengurangan risiko bencana. Dalam pelatihan peserta juga mendapat pengetahuan mengenai pencegahan, mitigasi, kesiapsiagaan dan tanggap darurat dalam siklus manajemen bencana. Peserta pun dapat memahami hubungan bencana, pembangunan dan  ketahanan masyarakat yang dimaksut dalam UU Penanggulangan Bencana No.24 Tahun 2007. KARINAKAS mempunyai harapan besar, nantinya calon – calon fasilitator ini dapat bekerjasama seperti wilayah dampingan Sragen, Bantul, dan Magelang sebelumnya dan menghasilkan kajian – kajian kebencanaan secara partisipatif dengan warga.

 

 

 

© 2010 karinakas.or.id. | +62 274 552126 | karinakas.office@gmail.com