Penyadaran Masyarakat Tentang Difabilitas melalui Nonton Bareng di Canden Bantul

Sabtu Malam (01/10), Rehabilitasi Bersumberdaya Masyarakat KARINAKAS memutar film berjudul Forest Gump di Pendopo Balai Desa Canden Kabupaten Bantul. Pemutaran film dibuka dengan drama yang dipentaskan oleh “Diff.com”. Para lakon dalam drama tersebut diperankan oleh para difabel.

Film Forest Gump diputar adalah tentang seorang difabel bernama Forest Gump yang hidup dengan IQ 75 yang diperankan oleh Tom Hanks. Film ini menceritakan perjuangan difabel dalam melewati hidupnya dengan penuh perjuangan mulai menjadi tentara, pemain football, dan pemain tenis meja. Dalam film ini, ada sebuah pesan bahwa setiap orang mempunyai hak untuk mendapat kesempatan hidup yang sama dengan yang lain. Berkat didikan ibunya, Gump pun tumbuh dengan semangat dan tekat yang tinggi hingga mampu meraih medali, penghargaan dan beberapakali bertemu dengan presiden karena prestasi yang diraihnya.

Pemutaran film ini bertujuan untuk meningkatkan ‘public awareness’ difabilitas kepada masyarakat. Dengan harapan, masyarakat dapat menerima difabel di lingkungannya, dan mereka dapat saling mengenal kebutuhan satu sama lain.  Penyadaran public mengenai masalah dan kebutuhan difabel dirasa sudah menjadi kebutuhan mendasar mulai dari lingkungan terkecil seperti keluarga dan lingkungan sekitar. Difabel juga manusia biasa yang memiliki hak yang sama dengan manusia lain, mereka perlu diberi kesempatan berjuang dan mempunyai kemauan untuk mencapai kesuksesan di tengah – tengah masyarakat. Melalui kegiatan pemutaran film inilah, diharapkan kesadaran masyarakat mengenai difabilitas dapat tersampaikan.

 

 

 

© 2010 karinakas.or.id. | +62 274 552126 | karinakas.office@gmail.com