Udara segar dan pemandangan yang hijau terhampar di kebun milik bu Semiyati, salah satu anggota kelompok Manunggaling Latu Biru, Dawung, Serut, Gunungkidul. Bu Semiyati merasa beruntung mengikuti Program Ketahanan Pangan yang dilaksanakan oleh CARITAS INDONESIA ini, karena dia bisa mandiri dalam hal pangan khususnya sayuran, bahkan bisa menjual hasil panen sayuran. "Hari ini akan ada bakul (pembeli) sayur yang akan memanen hasil kebun saya," ucapnya. 

semiyati

Hamparan kebun sayuran bu Semiyati

Kebun bu Semiyati ditanami kangkung, bayam, kacang tanah, pare, dan jagung. Pada hari ini (15/6/2021), bu Semiyati akan memanen kangkung dan bayam yang sebagian besar akan dijual, dan sebagian lagi dikonsumsi keluarga sendiri. Selain memiliki kebun di ladangnya yang luas tersebut, bu Semiyati juga memililiki tanaman sayuran di dekat rumahnya. Kalau sedang memasak sayur, tidak perlu pergi ke kebun, tinggal pergi ke samping rumah. 

semiyato2

Sayuran di teras rumah bu Semiyati

 

 

Keb Kell

Kebun Kelompok Agni Mandiri Sruni

KARINAKAS mengadakan monitoring dan panen raya di Kebun Kelompok Agni Mandiri, Sruni, Boyolali (3/6/21). KARINAKAS bersama Pengurus Kelompok dan beberapa anggota berkunjung ke kebun kelompok untuk ngobrol-ngobrol tetang Program Ketahanan Pangan yang sudah hampir selesai ini, dan sekaligus memanen hasil tanaman yakni cabe, bawang merah, timun, dan terong. Hasil panen tersebut sebagian dibagikan kepada anggota kelompok, dan sebagian dijual.

panennn

Monitoring dan Panen Raya

KARINAKAS juga berkunjung ke beberapa rumah warga anggota kelompok untuk melihat kebun anggota dan juga melaksanakan testimony terkait Program Ketahanan Pangan ini. "Bagi saya baik pak, dulu saya biasa beli sayur, sekarang sudah tidak lagi", ungkap Ibu Purwanti (60 th).

Ibu pur

Ibu Purwanti dan Putranya 

 

KARINAKAS mendapat mandat dari keuskupan terkait kebencanaan. Maka KARINAKAS berusaha merespon berbagai bencana yang terjadi di awal tahun ini, misalnya banjir di Kalimantan, gempa di Sulawesi Barat dan banjir di area Semarang. Dalam merespon berbagai bencana tersebut, KARINAKAS amat terbantu dengan adanya jaringan relawan yakni relawan CARITAS Keuskupan Banjarmasin dan Keuskupan Makasar, serta relawan lokal yakni TRB (Tim Respon Bencana) Paroki di Kevikepan Semarang.

SARR

Kunjungan ke SAR Rajawali Solo

Pada tanggal 16 Maret 2021, KARINAKAS mengadakan kunjungan dalam rangka silaturahmi dan sekaligus penguatan jaringan dengan para relawan. Pertengahan bulan Maret, KARINAKAS berkunjung ke teman-teman SAR Rajawali Solo. Dalam kunjungan itu KARINAKAS juga sekaligus menyumbangkan bantuan pelampung dan APD. Sedangkan pada tanggal 23 sampai 24 Maret 2021, KARINAKAS mengadakan kunjungan ke TRB Paroki Pati yang baru saja selesai merespon banjir. Dalam kunjungan itu KARINAKAS juga menyumbangkan pelampung, APD, sabun mandi dan dana tunai untuk emergency response

Pati

Bersama TRB Paroki Pati menyerahkan bantuan ke Panti Rukmi

Semoga kunjungan ini memperkuat semangat belarasa dalam kerjasama dalam merespon bencana yang terjadi. Semoga pula banyak yang tertarik untuk terlibat dengan karya kemanusiaan khususnya di bidang kebencanaan ini. Salam belarasa.

© 2010 karinakas.or.id. | +62 274 552126 | karinakas.office@gmail.com