PROSES PIPANISASI AIR BERSIH DAWUNG

Setiap musim kemarau dan musim hujan, Warga Dusun Dawung, Desa Serut, Kec. Gedangsari, Kab. Gunungkidul mengalami kesulitan air bersih. Saat musim kemarau, mereka hanya mengandalkan truck tangki air untuk mendapatkan air bersih. Sedangkan saat musim hujan, beberapa dari mereka juga mengalami kesulitan mendapatkan air bersih, karena tidak memiliki tampungan air hujan yang cukup memadai. Mereka (terutama ibu-ibu) terpaksa harus mengambil air bersih (Jawa: ngangsu) yang jaraknya cukup jauh dari rumah mereka. Biasanya mereka mengambil air menggunakan tangki kecil yang diangkut dengan gerobak kecil.

Pipapipa1

Ngangsu di sumur umum

Pipapipa2

Mengangkut air bersih

KARINAKAS yang didukung sepenuhnya oleh Komisi PSE KWI, melaksanakan Program Pipanisasi Air Bersih untuk Warga Desa Dawung tersebut. Program ini bertujuan agar para warga di Dusun Dawung tidak lagi mengalami kesulitan air bersih, baik saat musim kemarau dan saat musim hujan. Air bersih berasal dari sumur bor yang berada di dusun tersebut, yang kemudian dialirkan ke rumah-rumah warga. Saat ini, pipanisasi ini sedang dalam proses pelaksanaan dan penyelesaian yang dilaksanakan secara gotongroyong oleh para warga penerima manfaat program.  

Pipapipa3

Gotongroyong warga

Meskipun baru proses penyelesaian, beberapa warga sudah menikmati hasilnya yakni rumah mereka sudah teraliri air bersih, sehingga mereka tidak perlu mengambil air bersih / ngangsu dari tempat yang jauh. "Ya saya sudah bersyukur sudah nggak repot lagi mengambil air bersih", ungkap ibu Wagiyem (43 th) yang sehari-hari berkerja sebagai petani. Semoga program ini semakin meringankan Warga Dusun Dawung saat mengalami kesulitan air bersih, dan sekaligus sebagai tanda kehadiran Gereja yang peduli dan terlibat di tengah-tengah masyarakat. Salam belarasa. 

Pipipapiku4

Tidak perlu ngangsu lagi

 

© 2010 karinakas.or.id. | +62 274 552126 | karinakas.office@gmail.com