L1

Nenek Sugiyah bersama adiknya

"Kulo niki piyambakan, lan ngopeni rayi kulo," (Saya itu hidup sendirian dan masih harus ngurusi adik saya) ujar nenek Sugiyah (66th), seorang lansia di Dusun Daleman, Desa Girikerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman. Program Pendampingan Lansia telah memasuki fase kunjungan dan pendataan para lansia di Desa Girikerto dan Desa Karangasem. 

L2

Kunjungan dan pendataan lansia

Kunjungan ke rumah-rumah lansia dan sekaligus pendataan (asesmen) lansia, dilaksanakan oleh para Surveyor yang merupakan warga asli Desa Girikerto maupun Karangsem. Data tersebut kemudian dibawa ke kantor KARINAKAS dan kemudian dilakukan input (entry) data oleh Project Officer KARINAKAS. Sebelum melaksanakan pendataan, para Surveyor bersama berlatih instrumen pendataan bersama Project Asisstant KARINAKAS. 

L3

Belajar instrument pendataan

L4

Rapat koordinasi di kantor desa

L5

Entry data hasil kajian

Kunjungan dan pendataan itu meliputi aspek kesehatan, ekonomi, sosial dan keluarga. Ada lansia yang masih ditemani keluarga, namun ada juga lansia yang hidup bersama anggota keluarga yang juga sudah lansia. Ada lansia yang masih aktif berkarya, ada juga lansia yang sakit dan harus bedrest. Semoga kunjungan dan pendataan ini memberi harapan pada lansia dan mempermudah pemerintah dalam melayani maupun mengoptimalkan peran serta para lansia berdasar data.

L6

Ibu M.M. Mujimah terbaring sakit

 

Yayasan KARINAKAS membagikan paket paket nutrisi untuk kelompok rentan yakni para lansia, anak-anak, dan ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) di beberapa wilayah dampingan KARINAKAS. Nutrisi yang dibagikan antara lain berisi telur ayam kampung 10 butir, kacanghijau 1 kg, madu 1 botol, dan 1 paket vitamin. Pembagian nutrisi ini adalah salah satu bentuk kegiatan Program Ketahanan Pangan yang didukung oleh Caritas Indonesia dan juga Komisi PSE KWI.

PKP1

ODGJ di Desa Karangasem, Gunungkidul

PKP2

Anak-anak di Kalicode, Yogyakarta

PKP3

Lansia di Paroki Gamping

Selain pembagian nutrisi, kegiatan Program Ketahanan Pangan yang lain meliputi kategori perikanan dan peternakan. KARINAKAS mendukung kegiatan perikanan dan peternakan keluarga serta kelompok. Kategori perikanan antara lain pemeliharaan ikan lele, sedangkan kategori pertanian antara lain penanaman sayuran misalnya kangkung

PKP4

Kolam untuk perikanan

PKP5

Pembuatan pupuk kompos

PKP6

Pertanian kelompok

Semoga Program ini mampu membantu meningkatkan ketahanan pangan dan gizi keluarga, terutama dalam proses pemulihan terhadap bencana pandemi COVID-19. Salam Belarasa.

 

 

"Lansia Yogyakarta sudah cukup baik, hanya banyak yang ditinggal oleh keluarganya, dan butuh perhatian khusus, bukan hanya oleh KARINAKAS saja, tapi oleh bapak ibu sekalian yang duduk di pengambilan kebijakan," ungkap Gusti Kanjeng Ratu Hemas pada acara Launching Pilot Project Pendampingan Lansia yang dilaksanakan oleh Yayasan KARINAKAS (1/8/22).

Kicof1

Sambutan Gusti Kanjeng Ratu Hemas

Acara tersebut dilaksanakan di Kantor DPD RI Yogyakarta, dihadiri oleh GKR. Hemas, selaku anggota DPD RI dari Yogyakarta, dan dihadiri pula oleh Bapak Danang Maharsa, SE (Wakil Bupati kabupaten Sleman), Bapak Ir. Drajat Ruswandono, MT (Sekda Kabupaten Gunungkidul), Ibu Erlina Hidayati Sumardi, SIP., M.M. (DP3AP2 DIY), Ibu Sri Haryani (Komisi IV DPRD Kabupaten Sleman), Dinas-dinas dan Stakeholder terkait baik di Kabupaten Sleman maupun Gunungkidul, dan juga perwakilan dari Caritas Indonesia, dan Caritas Germany.

Kicoff2

Kicoff3

Para peserta Launching Pilot Project

Program Pendampingan Lansia ini didukung oleh Caritas Germany Country Office Indonesia. Dalam sambutannya, perwakilan dari Caritas Germany mengungkapkan, "Harapannya melalui program ini, lansia menjadi subyek pembangunan (bukan obyek semata), para lansia juga mampu mengakses berbagai program, dengan demikian lansia akan semakin produktif, dan tetap mampu berkontribusi positif dalam berbagai sektor pembangunan di Indonesia." 

Kicoff4

Lansia yang sehat dan kontributif

Pilot Project Lansia ini dilaksanakan di dua kalurahan di Provinsi DIY, yakni 1) Kalurahan Girikerto, Kapanewon Turi, Kabupaten Sleman, dan 2) Kalurahan Karangasem, Kapanewon Paliyan, Kabupaten Gunungkidul. DIY dipilih sebagai pilot project, karena proporsi lansia di DIY menempati urutan nomor satu di antara provinsi yang lain, yakni mencapai 15,52% dari jumlah penduduk Yogyakarta.

Kicof5

Asesment di Kalurahan Karangasem

kicof6

Kunjungan kepada lansia yang sakit

"Saya harapkan dalam melaksanakan program ini, KARINAKAS dapat bekerjasama dengan pemerintah setempat baik di tingkat kalurahan, kapanewon, maupun kabupaten dan dinas-dinas yang dildibatkan," harapan dari GKR. Hemas. "Semoga program ini dapat menjadi kabar gembira bagi lansia dalam menapaki usia senja," harapan Direktur KARINAKAS. Semoga program lansia ini berjalan sesuai harapan, dan dapat menginspirasi wilayah lain dalam pendampingan lansia. Salam belarasa

Kicoff6

Sambutan Direktur KARINAKAS

Kicoff7

MoU kerjasama KARINAKAS dengan Pemerintah

 

© 2010 karinakas.or.id. | +62 274 552126 | karinakas.office@gmail.com