KUNJUNGAN & KAJIAN LANSIA

L1

Nenek Sugiyah bersama adiknya

"Kulo niki piyambakan, lan ngopeni rayi kulo," (Saya itu hidup sendirian dan masih harus ngurusi adik saya) ujar nenek Sugiyah (66th), seorang lansia di Dusun Daleman, Desa Girikerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman. Program Pendampingan Lansia telah memasuki fase kunjungan dan pendataan para lansia di Desa Girikerto dan Desa Karangasem. 

L2

Kunjungan dan pendataan lansia

Kunjungan ke rumah-rumah lansia dan sekaligus pendataan (asesmen) lansia, dilaksanakan oleh para Surveyor yang merupakan warga asli Desa Girikerto maupun Karangsem. Data tersebut kemudian dibawa ke kantor KARINAKAS dan kemudian dilakukan input (entry) data oleh Project Officer KARINAKAS. Sebelum melaksanakan pendataan, para Surveyor bersama berlatih instrumen pendataan bersama Project Asisstant KARINAKAS. 

L3

Belajar instrument pendataan

L4

Rapat koordinasi di kantor desa

L5

Entry data hasil kajian

Kunjungan dan pendataan itu meliputi aspek kesehatan, ekonomi, sosial dan keluarga. Ada lansia yang masih ditemani keluarga, namun ada juga lansia yang hidup bersama anggota keluarga yang juga sudah lansia. Ada lansia yang masih aktif berkarya, ada juga lansia yang sakit dan harus bedrest. Semoga kunjungan dan pendataan ini memberi harapan pada lansia dan mempermudah pemerintah dalam melayani maupun mengoptimalkan peran serta para lansia berdasar data.

L6

Ibu M.M. Mujimah terbaring sakit

 

© 2010 karinakas.or.id. | +62 274 552126 | karinakas.office@gmail.com