MONITORING PROGRAM ELDERY

"Tidak terasa sudah 6 bulan kita melaksanakan Program Lansia ini," ungkap Direktur Yayasan KARINAKAS, Romo Martinus Sutomo Pr, saat memberikan sambutan pembuka Monitoring Program Lansia. Monitoring ini dilaksanakan untuk memantau jalannya program yang sudah terlaksnaa, dan capaian selama 6 bulan ini. Enam bulan pertama ini, program berfokus pada pendataan serta input data.

Lans1

Monitoring dilaksanakan selama tiga hari (7,8,9/11/22) yakni hari pertama untuk Kalurahan Girikerto, dan hari kedua untuk Kalurahan Karangasem yang dihadiri oleh perwakilan dari Caritas Germany, para surveyor, dan tamu undangan, dan hari ketiga diskusi bersama di kantor KARINAKAS yang dihadiri oleh Direktur Caritas Germany Office of Indonesia. 

Lans2

Monitoring Program Lansia Karangasem

Lans3

Monitoring Program Lansia Girikerto

Lans4

Monitoring Program Lansia di Kantor

Selain menggali data para lansia sesuai dengan form pendataan, para surveyor juga banyak mendapatkan pembelajaran saat mengunjungi dan mencari data para lansia. Hal itu seperti yang dialami ibu Y. Indarwati (Surveyor Dusun Daleman) dan Ibu Sunarti (Surveyor Dusun Karanggawang) yang merasa semakin lebih mengenal "dunia" para lansia, dan apa yang dirasakan para lansia. Para surveyor lain juga menemukan bahwa beberapa lansia  hidupnya menderita karena kemiskinan, kondisi yang memprihatinkan karena sakit, jauh dari anak, dan lansia yang merasa kesepian. 

Lans6

Lansia yang sedang sakit

Semoga Program Lansia ini dapat membantu Pemerintah dalam memberikan intervensi yang tepat bagi para lansia, dapat meningkatkan peran serta para lansia dalam pembangunan masyarakat, dan dapat membantu meningkatkan kualitas hidup para lansia berdasarkan data-data yang ditemukan di lapangan. Salam belarasa. 

 

© 2010 karinakas.or.id. | +62 274 552126 | karinakas.office@gmail.com