Dalam kurun waktu dua bulan, telah terjadi beberapa kejadian bencana angin kencang yang telah melanda beberapa tempat di sekitaran kota Yogyakarta. Hari Senin 28 Maret 2022, angin kencang melanda beberapa titik di Desa Condongcatur, Kecamatan Depok, Sleman, DIY. Angin tersebut telah memporakporandakan bangunan SD Kanisius Sengkan. Pada hari Minggu 18 April 2022, angin kencang dan hujan deras juga telah memporakporandakan atap Gereja Santo Yohanes Rasul Paroki Pringwulung. 

atap kelas

Kondisi atap ruang kelas

Ruang guru

Kondisi atap ruang guru

Pw

Kondisi atap gereja pringwulung

Menanggapi kejadian bencana tersebut, KARINAKAS menyumbangkan bantuan dana tunai kepada SD Kanisius Sengkan sejumlah sepuluh juta rupiah (22/4/2022). Sedangkan untuk Gereja Paroki Pringwulung, KARINAKAS telah menyumbangkan tambang untuk sarana perbaikan atap (18/4/2022). 

Angin kencang juga kembali terjadi pada hari Kamis 5 Mei 2022, yang menerjang sekitaran Baciro, Yogyakarta. Sejumlah rumah mengalami kerusakan. KARINAKAS bersama dengan Relawan dari Gereja Paroki Baciro segera melakukan kajian data (6/5/2022). Dari hasil kajian tersebut, KARINAKAS menyumbangkan bantuan terpal dan subsidi dana kepada umat terdampak (5KK) yang diserahkan melalui Relawan Paroki Kristus Raja Baciro (6/5/2022). 

Baciro

Dampak angin kencang 

Baciro2

Serah terima bantuan

 

Puting1

Dampak Bencana di Dusun Karangmiri

Hujan deras disertai angin puting beliung kembali terjadi di wilayah Kabupaten Gunungkidul. Kali ini bencana tersebut menerjang beberapa dusun di Desa Mulusan, Kecamatan Paliyan, Kabupaten Gunungkidul (11/3/2022). Akibatnya, 82 rumah di Dusun Kenteng, 6 rumah di Dusun Mulusan, dan 67 rumah di Dusun Karangmiri, Desa Mulusan mengalami kerusakan akibat tersapu angin.

Puting2

Distribusi bantuan material

Yayasan KARINAKAS melalui Relawan Tanggap Bencana Paroki St. Yusup Bandung, melakukan respon bencana tersebut, bekerjasama dengan Pemerintah Desa Mulusan, serta TNI dan POLRI. Berdasarkan diskusi bersama dengan Pemerintah Desa, KARINAKAS dan Relawan Paroki St. Yusup Bandung, sepakat memberikan bantuan perbaikan rumah untuk 44 KK berupa dana untuk pengadaan material asbes, paku asbes, usuk, dan paku usuk. Semoga karya kemanusiaan ini mampu meringankan beban penderitaan warga yang terdampak bencana tersebut. Salam bela rasa.

Puting3

Bekerjsama dengan TNI & Polri

 

Hujan deras yang melanda wilayah Kabupaten Pati menyebabkan beberapa tempat terendam banjir, di antaranya adalah Desa Ketitang Wetan, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati. Bahkan Desa Ketitang Wetan sudah terendam banjir sejak hari Selasa (8/3/2022). Banjir sempat surut beberapa saat, namun setelah hujan, naik kembali. 

banjirrr

Banirrr2

Situasi banjir di Desa Ketitang Wetan 

Menanggapi situasi tersebut, Tim Relawan Bencana Pati yang terdiri dari Relawan Kembang Joyo, Baretta, dan Senkom melaksanakan respon bencana banjir tersebut. KARINAKAS mensupport respon bencana tersebut melalui Bidang Kemasyarakatan Gereja St. Yusuf Paroki Pati. Bantuan yang diberikan kepada para warga terdampak banjir adalah sembako dan obat-obatan. "Saat ini para warga masih bisa memasak di rumah masing-masing, sehingga kita memberikan bantuan sembako," ungkap Heru Sudiharto, Koordinator Relawan Bencana Paroki Pati. Salam Bela Rasa.

Banjirr3

Distribusi bantuan sembako

  

 

© 2010 karinakas.or.id. | +62 274 552126 | karinakas.office@gmail.com