RESPON BENCANA GUNUNG SEMERU

Berdasarkan Siaran Pers BNPB 4 Desember 2021, telah terjadi aktivitas awan panas guguran Gunung Semeru pada pukul 15.20 WIB. Tingkat aktivitas Gunung Semeru naik ke level II (waspada). Berdasarkan update data dari BPBD Jawa Timur (6 Desember 2021), para warga yang terdampak bencana Gunung Semeru mengungsi di beberapa wilayah yakni di Kec. Pronojiwo (305 jiwa), Kec. Candipuro (1.070 jiwa), dan Kec. Pasirian (188 jiwa). Total pengungsi adalah 1.563 jiwa. Sedangkan warga yang meninggal dunia adalah 15 jiwa, luka berat 69 jiwa, luka ringan 100 jiwa.

Semeru1

Situasi Ds. Supit Urang, Kec. Pronojiwo, Kab. Lumajang

semeru2

Situasi Ds. Supit Urang, Kec. Pronojiwo, Kab. Lumajang

Menanggapi situasi tersebut, Gereja melalui keluarga besar Caritas Indonesia ingin hadir untuk membantu meringankan penderitaan warga yang terdampak bencana. Saat ini para Relawan TSKKM (Tim Solidaritas Kemanusiaan Keuskupan Malang) atau Caritas Keuskupan Malang, bekerjasama dengan Gereja Paroki Lumajang telah hadir di lokasi dan membagikan bantuan mendesak (bahan pangan, air mineral, masker, selimut, dan terpal). 

semeru3

Para Relawan TSKKM / Caritas Keuskupan Malang 

Caritas Indonesia sudah melaksanakan rapat koordinasi bersama Caritas-Caritas Keuskupan via online. Berdasarkan koordinasi tersebut, TSKKM membutuhkan bantuan Relawan Lintas Keuskupan, di antaranya untuk melaksanakan assement / kajian data, maka KARINAKAS akan mengirimkan 3 orang relawan untuk membantu TSKKM. Semoga dengan koordinasi Caritas ini, dan koordinasi dengan pemerintah serta berbagai pihak terkait, proses tanggap darurat bencana Gunung Semeru ini dapat terlaksana secara optimal; tepat sasaran, tepat waktu, dan tepat kebutuhan.  

Apabila anda tergerak untuk membantu, bantuan dapat dikirimkan melalui KARINAKAS ke Bank Mandiri dengan Nomor Rekening 137-00-1386201-2, atas nama Yayasan Karinakas. Bantuan akan digunakan untuk mendukung aksi tanggap darurat bencana Gunung Semeru ini dalam koordinasi dengan Caritas indonesia. Salam bela rasa... 

 

© 2010 karinakas.or.id. | +62 274 552126 | karinakas.office@gmail.com