PROGRES RESPON GEMPA CIANJUR

Cian1

Dsn. Cisarua, Sarampad, Cugenang

Memasuki hari yang ke-18, Pos Pelayanan Kemanusiaan Gereja Paroki St. Petrus Cianjur terus melaksanakan pelayanan kemanusiaan bagi warga terdampak bencana gempa Cianjur. Pelayanan kemanusiaan dilaksanakan dengan mengunjungi dan mendistribusikan bantuan berupa food item (sembako, air mineral), non food item (selimut, pampers, obat-obatan, tenda, kasur lipat) dan juga pelayanan kesehatan. 

Cian2

Serah terima bantuan 

Cian3

Pelayanan kesehatan

Dalam melaksanakan pelayanan kemanusiaan, KARINA sebagai lembaga kemanusiaan Gereja Katolik, bekerjasama dengan pemerintah desa dan warga setempat, agar bantuan dapat tersalurkan dengan efektif dan tepat sasaran.

Cian4

Kolaborasi dengan Pemdes

Cian5

Kunjungan ke posko warga

Per 8 Desember 2022, jumlah warga terdampak bencana gempa Cianjur yang masih mengungsi tercatat 114.683 jiwa, rumah rusak (ringan, sedang, berat) sejumlah 55.391 unit (data dari BNPB). Mereka umumnya mengungsi di tenda ataupun di rumah saudara/tetangga. 

Cian7

Kondisi rumah warga terdampak

Cian8

Kondisi di dalam rumah

Untuk dapat memberikan pelayanan yang tepat sesuai kebutuhan, maka diperlukan adanya kajian data mendalam. Kajian dilaksanakan dengan mengunjungi lokasi bencana dan bertemu langsung dengan para warga terdampak bencana. 

Cian9

Kunjungan dan kajian data

Cian9

Kajian data ke umat lingkungan

Untuk memperlancar proses pelayanan kemanusiaan gempa Cianjur ini, KARINAKAS telah mengirimkan 6 relawan ke Pos Pelayanan Kemanusiaan Gereja Paroki Cianjur. Dua relawan sudah kembali pada 7 Desember 2022. Sedangkan empat Relawan masih akan terus melaksanakan pelayanan kemanusiaan sampai 16 Desember 2022.  

Cian10

Relawan KARINAKAS

Cian12

Membantu pelayanan kemanusiaan

Semoga pelayanan kemanusiaan ini dapat mengurangi beban penderitaan warga yang tedampak bencana, dan mampu menghadirkan wajah Gereja yang berbelarasa. 

Terimakasih kepada Bp Uskup, para Romo, dan umat sekalian atas dukungan dan bantuannya untuk kegiatan pelayanan kemanusiaan ini. Donasi dapat dikirimkan pada rekening Yayasan Karinakas, Bank Mandiri, No. 137-00-1386201-2. Salam belarasa. Berkah Dalem.

 

© 2010 karinakas.or.id. | +62 274 552126 | karinakas.office@gmail.com