SATU HATI, SATU JIWA, SALAM BELARASA

 kybarrrr1

Sebagian Anggota Relawan Bela Rasa KYBAR

"Relawan Bela Rasa KYBAR: Satu Hati, Satu Jiwa, Salam Bela Rasa!!!". Demikianlah jargon Relawan Bela Rasa KYBAR. Relawan Bela Rasa KYBAR adalah komunitas relawan dari beberapa paroki di Kevikepan Yogyakarta Barat. Mereka memiliki dua posko yakni: a) Posko yang berada di kompleks gereja Santa Maria Assumpta, Paroki Gamping, dan b) Posko yang berada di Gedung Bela Rasa, Kantor KARINAKAS, yang berada di kompleks Lapangan Bela Rasa, Paroki Pringwulung. Posko adalah tempat untuk standby para relawan, yang mana di Posko Bela Rasa Kantor KARINAKAS, juga menjadi tempat standby relawan KARINAKAS dari rayon atau wilayah yang lainnya. 

kybarr2

Posko Bela Rasa di Kantor KARINAKAS

Relawan Bela Rasa KYBAR adalah relawan kemanusiaan yang bergerak ketika terjadi bencana alam di wilayah Kevikepan Yogyakarta Barat pada khususnya, dan di area Keuskupan Agung Semarang pada umumnya. Namun demikian mereka juga siap bergerak ketika terjadi bencana di luar Keuskupan Agung Semarang apabila dibutuhkan, seperti yang terjadi pada respon bencana erupsi Gunung Semeru, dimana salah satu Relawan Bela Rasa KYBAR bertugas pada respon bencana erupsi Gunung Semeru yang dilaksanakan bersama dengan jaringan Caritas Indonesia.

kybarrr3

Ambulans sebagai pendukung karya

Relawan Bela Rasa KYBAR memiliki niat dan komitmen sebagai relawan kemanusiaan yang telah ditandai dengan pengucapan janji setia dan penerimaan surat keputusan. Selain itu, mereka juga memiliki kapasitas atau ketrampilan yang cukup terkait kerelawanan dan kebencanaan. Namun perlu dicatat bahwa Relawan Bela Rasa KYBAR adalah relawan yang pertama-tama bergerak pada aksi kemanusiaan yang meliputi empat sektor yakni: a) pangan dan sandang, b) WASH, c) hunian atau shelter, d) kesehatan. Jadi Relawan Bela Rasa KYBAR tidak bergerak pada sektor pencarian dan penyelamatan ataupun evakuasi.

kybarrr4

Motto: Deus Caritas Est

Roh yang menjiwai Relawan Bela Rasa KYBAR adalah Deus Caritas Est; Allah adalah kasih, sehingga misi yang mereka bawa dalam kegiatan kemanusiaan adalah menyapa, menemani, menolong, dan menyalurkan bantuan untuk sesama yang menderita, agar kasih Allah dirasakan oleh sesama yang menderita itu. Semoga karya kemanusiaan para Relawan Bela Rasa KYBAR juga dapat semakin menampakkan wajah sosial Gereja di tengah umat dan masyarakat. Relawan Bela Rasa KYBAR, selamat berkarya untuk kemanusiaan; satu hati, satu jiwa, salam bela rasa.

 

 

© 2010 karinakas.or.id. | +62 274 552126 | karinakas.office@gmail.com